Rabu, 09 Februari 2011

Dampak Perubahan Daya Kutub Magnet Bumi.

Dampak Perubahan Daya Kutub Magnet Bumi.


Pada tahun 2012, Bangsa Maya selain meramalkan akan terjadi kiamat dimuka bumi ini, menurut mereka kutub-kutub magnet bumi akan mengalami pembalikan. Pembalikan kutub magnet bumi dapat menyebabkan masalah besar bagi bumi, Dampak yang mungkin terjadi akibat perubahan kutub bumi ini antara lain adalah :

  1. Gunung berapi di muka bumi ini akan semakin bertambah jumlahnya, serta pergerakan lempeng tektonik bumi yang semakin aktif dan menyebabkan gempa bumi besar di berbagai belahan dunia.
  2. Daya gravitasi bumi akan mengalami perubahan meskipun kita tidak akan mengetahui bagaimana perubahan tersebut.
  3. Ketahanan tubuh yang dimiliki oleh hewan dan manusia akan melemah, karena sistem ketebalan tubuh pada manusia dan hewan sangat tergantung pada lingkungan dan alam sekitar termasuk terhadap medan magnet bumi.
  4. Benda-benda dari luar angkasa akan semakin banyak yang tertarik masuk kedalam atmosfer bumi, hal ini dapat menyebabkan tabrakan atau benturan dengan benda-benda tersebut dan tentunya hal ini akan sangat membahayakan bagi mahkluk hidup di atas bumi ini.
  5. Sistem komunikasi yang menggunakan gelombang radio akan mengalami kegagalan fungsi, termasuk pembangkit-pembangkit listrik yang ada dimuka bumi ini akan mengalami kerusakan yang sangat parah.
  6. Daya perlindungan bumi terhadap radiasi-radiasi berbahaya dari luar angkasa akan melemah sehingga partikel-partikel perbahaya yang datang dari luar angkasa akan secara bebas masuk menghujani bumi.
Itu tadi adalah sebagian dampak yang akan terjadi apabila medan magnet bumi benar-benar menghilang.

Sumber:
http://id.shvoong.com/exact-sciences/earth-sciences/1978276-dampak-perubahan-daya-kutub-magnet/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar