Wednesday, 18 May 2011

Wisata Sibolga - Tapanuli Tengah - Sumut


Sekilas Tentang Kota Sibolga

KOTA SIBOLGA awalnya merupakan sebuah dusun kecil yang berada di Teluk Tapian Nauli. Dalam perkembangannya dusun ini menjadi sebuah kota bahari yang identik dengan fungsi melayani kepentingan perdagangan antar pulau, antar negara, melayani para pelaut atau musafir yang berkelana dari berbagai penjuru negeri, dan melayani mereka yang hendak beristirahat atau sekedar bertamasya.
Kota Sibolga mempunyai wilayah seluas 3.536 ( 35,36 km2 ) Ha yang terdiri dari 1.126,67 Ha daratan Sumatera, 23,32 Ha daratan kepulauan dan 2.171,01 Ha lautan. Pulau-pulau yang termasuk dalam kawasan Kota Sibolga adalah Pulau Poncan Gadang, Poncan Ketek, Pulau Sarudik dan Pulau Panjang. Sementara wilayah administrasi pemerintahan Kota Sibolga terdiri dari 4 Kecamatan dan 17 Kelurahan.




Dilihat dari sisi kepariwisataan, Kota Sibolga sangat potensial, karena disamping keindahan alam pegunungan, juga terdapat pantai-pantai yang indah di Teluk Tapian Nauli dan perbukitan yang seolah-olah melindungi kota ini, serta pulau-pulau yang menarik yang berada di perairan teluk memiliki taman laut eksotis sehingga Kota Sibolga sangat potensial dikembangkan sebagai kota objek wisata. Sibolga juga kaya akan peninggalan bersejarah, adat dan budaya. Kota ini juga merupakan titik sentral bagi wisatawan yang akan melanjutkan perjalanan ke daerah-daerah disekitarnya seperti Pulau Nias, Provinsi Sumatera Barat dan Aceh Nangro.
Dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) Kota Sibolga, pengembangan pariwisata merupakan salah satu program prioritas dengan melaksanakan berbagai kegiatan untuk mendukung pembangunan kepariwisataan tersebut. Berbagai event setiap tahunnya dilaksanakan di Kota ini dalam upaya menarik para wisatawan, seperti Lomba Perahu Dayung, Upacara Maure Lawik, Lomba Memancing Ikan, serta berbagai perlombaan Seni Budaya Khas Pesisir Sibolga. 



 Wisata Tangga seratus dan Goa Tangga Seratus,Merupakan Objek wisata yang terletak di jalan sutoyo siswomiharjo kelurahan pasar baru Kota Sibolga Sumatera Utara dan yang paling menonjol pada era peninggalan sejarah dari masa penjajahan Belanda,salah satunya adalah sebuah anak tangga,Objek wisata ini dikenal dengan nama Tanggo Saratus walau pada kenyataannya jumlah tangga yang berada di tangga seratus cuma berjumlah 293 anak tangga.di dekat objek wisata tangga seratus Juga terdapat goa yang berada dilereng bukit dibawah tangga seratus. Berbentuk terowongan dan mempunyai dua buah pintu yang menghadap ke arah selatan. Dinding gua terbuat dari batu andesit muda dan selalu lembab karena tetesan air yang berasal dari dinding atas.



3 comments:

  1. utk mengembangkan pariwisata di sibolga, perlu pembangunan sarana, transportasi darat & udara serta promosi, kita hrs belajar dr daerah lain, seperti Bali. Sukses utk pariwisata sibolga...!!!

    ReplyDelete
  2. Betul, wisata Sibolga tidak kalah dengan daerah wisata lainnya yg ada di daerah lain, tp sarana dan prasarananya harus lebih dikembangkan dan dikelola dengan baik...

    ReplyDelete
  3. Oke! kita membangun kota Sibolga. Jangan lupa membangun diri kito dahulu jadilah manusia yg cinta damai dan kreatip dll. jadi apabila ada wisata dari daerah maupun dari manca negara dia dapat betah dan akan menambah hari harinya berlibur di Sibolga. Sebagai pesan saya pada anak anak Sibolga - Tapteng yang merantau dan mungkin sudah menetap di Rantau, ingatlah akan Sibolga yang dulu kita dibesarkan makan ikan aso aso, tuandeman,gambolo dll. Tempat kita SD, SMP, SMA tempat kita bermain dulu masih seperti dulu. Reuni, Pulang basamo dll sudah turut mengembanmgkan pariwisata di Sibolga- Tapteng. Horas Jahobu Manjua juah. Horah.

    ReplyDelete