Jumat, 19 September 2014

Cara gampang menaikan PageRank blog kita

Ada 2 cara umum yaitu:
1. Backlink
Ada 2 cara Backlink, yaitu:
1. Backlink Nofollow
Backlink Nofollow adalah link yang tidak memberikan PageRank Juice ke blog tujuan.
Backlink Nofollow hampir tidak mempunyai SEO Weight, tai para pakar SEO mengatakan bahwa Backlink Nofollow tetap berguna dalam dunia SEO.
2. Backlink Dofollow
Backlink Dofollow adalah link yang memberikan Pagerank Juice ke blog tujuan.
Backlink Dofollow sangat berguna dalam dunia SEO dan dapat meningkatkan PageRank blog, tapi apabila banyak Backlink sampah (ber PR 0) maupun Backlink buatan Baik dari Paid link, Free Link (jasa pembuat Backlink secara gratis) (Dummy Blog) maka justru akan merusak atau mengganggu SEO nya suatu blog.



Anda mendapat PageRank karena ada situs yang memberi Link ke blog anda.
Terdapat 2 jenis PageRank yaitu:
1. PageRank Blog atau Homepage
 PageRank yang dimiliki suatu blog karena ada situs yang menautkan Link nya ke blog itu, terdapat perbedaan PageRank dari wesite dengan www maupun tidak, jadi jika ingin blogger atau blogspot dan menggunakan custom domain biasanya PR tertinggi berada dengan yang menggunakan www.
2. PageRank Posting
PageRank yang dimiliki oleh bagian dari suatu blog, biasanya berupa posting atau artikel yang termuat. Memiliki PageRank karena InbounLink (Link dari blog sendiri) dari Homepage atau artikel lain yang sejenis maupun bersambungan.

Setelah mengerti apa itu PageRank, sekarang bagaimana cara meningkatkan PageRank?
1. Inboun Link
Setelah dijelaskan diatas bahwa anda mendapatkan PageRank diposting anda karena adanya Inbound Link, apa maksudnya Inbound Link secara detil? Inbound Link berarti Link (DoFollow) yang berasal dari blognya sendiri. Lalu apakah berguna? Jelas karena anda memberi PageRank Juice lebih besar dari yang anda berikan karena biarpun PR 0 (PageRank Posting) tetap bisa menambah PR anda. Meskipun sulit.
2. Social Bookmark
Ya Social bookmark merupakan hal yang sangat penting. Banyak sekali social bookmark yang dofollow salah satunya digg kalau yang Indonesia adalah lintas.me . Anda dapat mendapat pagerank juice secara gratis dari mereka tentu jangan membabi buta. Karena sekali google mendeteksi unnatural link ( link yang tidak natural seperti : ilegal, banyak PR 0, didapat dari jasa gratis maupun paid link ) , maka jangan harap PageRank anda bertahan atau lebih baik dikatakan PageRank dimulai dari 0 lagi.
3. Social Netrwork
Saya tidak membicarakan Backlink dari Social Network seperti Facebook atau Twitter, tapi yang saya lebih tekankan adalah SEO nya. Facebook merupakan website dengan PR 8, lalu bayangkan bagaimana jika anda mendapat link dari mereka? Tentu sudah ada yang namanya Social Rank atau Edge Rank ( Facebook). Edgerank merupakan cara facebook dalam merangking status yang dibuat pengguna faebook dan Social rank adalah cara Search Engine merangking sesuatu berdasarkan Nilai Sosial Medianya.
4. Trust Link
Trust Link merupakan link dari website terkenal seperti Wikipedia, DMOZ, website berdomain, edu, .gov, maka anda mendapat TrustLink. Trust Link adalah tolak ukur kepercayaan suatu website kepada search engine. Tidak diketahui apakah Google menggunkan metode ini, tapi mengingat Google menggunakan 100 algoritma untuk merangking website, maka mungkin termasuk kan?

Cara Khusus menaikan PageRank
1. Membuat artikel yang bagus dan topik yang bagus juga
Jika anda membuat artikel yang bagus maka tentu saja banyak yang copas dan memberi link kepada anda. Tentu ini akan meningkatkan PageRank anda tapi kadang copasser tidak memberi sumber, hal ini dapat diatasi dengan menggunakan Cara ini : Cara Mendapat Backlink dari Pencuri Konten
2. Optimalkan SEO anda
Jika blog anda sangat SEO Friendly,  maka tentu Google akan mudah mengindeks blog anda. Semakin SEO semakin no 1. Kalau sudah begitu banyak orang mengakses blog anda dan mungkin copasser dapat memberi link juga bukan ?
Baca kembali 7 Langkah SEO yang Perlu dilakukan Blogger dan Kesalahan SEO yang sering dilakukan oleh Blogger
3. Percepat Loading Blog
Terkadang anda kehilangan visitor karena loading blog anda lambat sekali. Anda seharusnya mengkompres CSS dan menggabung Javascrip agar semakin cepat loadingnya. Apalagi Google akan memberikan pinalty jika loadingnya sangat lama. Menurut pakar SEO, 1 detik lebih lama akan dapat mengurangi visitor 20% dan SEO %.. Anda dapat mengecek kecepatan loadingnya dengan mengakses  Cara mengetahui Kecepatan loading Blog


Sumber:
 http://www.trikblogger.net/2013/10/menaikkan-pagerank.html


Tidak ada komentar:

Posting Komentar