Sabtu, 23 Februari 2013

Gejala penyakit jantung

Penyakit jantung tidak mengenal usia, penyebabnya adalah pola hidup manusia sekarang memang sarat akan kerapuhan. Padahal jantung adalah alat terpenting seseorang bisa hidup.
Gejala dibawah ini adalah tidak selalu tetapi kebanyakan, jika semuanya anda rasakan maka harus segera diperiksanan dengan segera.

Beberapa gejala penyakit jantung diantaranya:
1. Nyeri
Selama kita melakukan aktifitas akan merasakan nyeri dibeberapa bagian tubuh. Otot yang tidak tersuplai   darah sesuai kebutuhan, oksigen dan proses metabolisme yang berlebih maka akan membuat kram, dada terasa nyeri, sesak karena otot jantung tidak mendapat cukup asupan darah. Nyeri dirasakan hampir setiap hari.

2. Sesak napas
Masuknya cairan ke dalam rongga paru paru sehingga menganggu aliran udara dalam paru paru. Penderita akan mengalami sesak napas pada saat melakukan kegiatannya, dan jika menderita sesak napas pada saat istirahat (diam) berarti masuk dalam kategori sakit jantung tingkat lanjut. Sesak napas sering terjadi pada saat berbaring karena cairan yang berkumpul di paru paru mengalir ke jantung.

3. Kelelahan atau kepenatan.
Otot jantung yang melemah menyebabkan proses pemompaan darah kurang sempurna. Penderita sering merasa lemah dan lelah meskipun tidak melakukan aktifitas apapun. Untuk menghindari melemahnya fungsi jantung, kita harus rutin berolahraga dan melakukan banyak gerakan yang akan memicu kerja jantung lebih aktif. 

4. Jantung berdebar debar (Palpitasi)
Jantung berdebar debar  tanda sakit jantung adalah jenis debar yang bersamaan dengan gejala lain yaitu saat seseorang kelelahan, sesak napas dan nyeri ditubuhnya. Bukan berdebar saat ketakutan dan sebagainya.


5. Pusing dan pingsan
Pemompaan darah yang tidak normal sehingga pemasukan darah bersih menjadi terganggu, seseorang bisa merasakan pusing akibat kurang darah. Detak jantung melemah yang mengakibatkan seseorang pingsan. Rasa nyeri yang terus menerus, sakit diantara tulang punggung dan gangguan pada otak karena abnormalnya suplai darah menjadikan pusing kemudian pingsan.

Sumber :
http://membacafirst.wordpress.com/2011/04/21/gejala-penyakit-jantung/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar