Selasa, 12 Februari 2013

Gula Aren dan manfaatnya

Siapa yang tidak tau dengan gula aren, ya gula aren berasal dari Nira yang diambil dari tandan bunga jantan pohon enau.

Gula Aren diyakini memiliki kandungan makro dan mikronutrien lebih banyak dibanding gula putih. Mikronutrien yang ada dalam gula aren antara lain : garam mineral, Thiamine (Vitamin B1), Riboflavin (vitamin B2), Nicotinic Acid (vitamin B3), Pyridoksin (vitamin B6), Cyanocobalamin (vitamin B12)Ascorbic Acid (Vitamin C).
(Sumber S. Natarajan M.Sc.,Palm Sugar, Erode,Tamil Nadu.India. 2006.)



Gula Aren lebih sehat dibandingkan dengan Gula Putih
Banyak ahli kesehatan mengatakan bahwa jumlah kalori yang terkandung dalam gula aren lebih sedikit dibandingkan dengan jumlah kalori yang terdapat pada gula putih (Livestrong 11/01/2011). Berdasarkan skala indeks Glikemi* gula Aren memiliki nilai indeks Glikemi sekitar 35, sedangkan gula putih sekitar 58. Para ahli kesehatan menyebutkan  nilai indeks Glikemi yang dimiliki gula aren menyebabkan gula aren lebih sehat dikonsumsi dan tidak menyebabkan lonjakan kadar gula darah yang signifikan.
Selain dari kandungan kalori yang lebih kecil dari gula putih, dalam proses pembuatannya gula aren lebih alami sehingga zat zat tertentu yang terkandung didalamnya tidak rusak dan tetap utuh, tidak dilakukan proses penyulingan berkali kali dan tidak menambahkan bahan lain untuk memurnikannya.


Manfaat gula aren sebagai tanaman obat yaitu untuk mencegah peningkatan kadar gula darah, selain itu menurut Jeff Gunnet dalam salah satu bukunya yang berjudul Perma Culture Plants (2004), menyebutkan bahwa salah satu unsur yang terkandung dalam gula aren memiliki fungsi untuk mengontrol dan membersihkan saluran pencernaan, mulai dari bagian lambung dan tenggorokan. Riboflavin yang merupakan salah satu unsur yang terdapat dalam gula aren berfungsi melancarkan metabolisme dan mengoptimalkan fungsi sel, sehingga stamina tubuh tetap terjaga. 


Sumber: http://berita10.blogspot.com/2012/08/manfaat-gula-aren-bagi-kesehatan-anda.html



Tidak ada komentar:

Posting Komentar